OA ( Office Automation )


·         Pengertian OA ( Office Automation )
Office Automation / Otomatisasi Kantor adalah penggunaan alat elektronik untk memudahkan komunikasi formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas.
Mencakup semua sistem formal dan informal yang pada intinya menekankan pada komunikasi informasi dari dan kepada orang-orang dalam perusahaan.

·         Tujuan OA ( Office Automation )
Ø  Penggabungan dan penerapan teknologi
Ø  Memperbarui proses pelaksanaan pekerjaan di kantor
Ø  Meningkatkan produktivitas dan efektifitas pekerjaan
·         Pemakai OA ( Office Automation )
Office Automation (OA) digunakan oleh semua orang yang bekerja di dalam kantor, namun pengguna OA tersebut dikategorikan dalam empat jenis, yaitu :
Ø  Manajer
Ø  Professional
Ø  Sekretaris
Ø  Pegawai Administratif

·         Aplikasi OA (Office Automation)
a.      Pengolah Kata (Word Processing)
Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas-tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang diketik atau dicetak.
b.      Surat Eletronik (E-mail)
Dikenal popular sebagai email, yang merupakan penggunaan jaringan computer yang memungkinkan para pemakai mengirim, menyimpan dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal computer dan alat penyimpanan. Terminal dapat berupa alat keyboard online apa saja, termasuk workstation,yang memungkinan entry surat dan menampilkan surat. Penyimpanan sekunder dalam computer pusat menjadi tempat kontak surat elektronik para pemakai dan perangkat lunak surat elektronik mengendalikan proses tersebut
c.       Pesan Suara (Voice mail)
Mirip dengan surat elektronik, namun dalam voice mail pesan yang dikirimkan berupa suara. Voice mail memerlukan computer dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital dan mengubahnya kembali menjadi bentuk audio saat dipanggil
d.      Kalender Elektronik (Electronic Calendering)
Penggunaan jaringan computer untuk menyimpan dan mengambil kalender pertemuan manajer. Manajer atau sekretaris manajer dapat memasukkan pertemuan-pertemuan, membuat perubaah dan menelaah kalender itu dengan menggunakan terminal keryboard. Konfigurasi peralatannya tepat sama dengan E-mail. Kenyataannya, biasanya perangkat lunak e-mail menyertakan kemampuan kalender elektronik.
e.       Konferensi Audio ( Audio Conferencing)
Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio dengan orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melaksanakan konferensi. Konferensi telepon merupakan bentuk pertama konferensi audio dan masih digunakan. Konferensi audio tidak memerlukan suatu computer, Konferensi audio hanya melibatkan penggunaan fasilitas komunikasi dua arah.
f.        Konferensi Video ( Video Conferencing)
Penggunaan peralatan televise untuk menghubungkan para peserta konferensi yang tersebar secara geografis, peralatan tersebut menyediakan hubungan audio dan video.
g.      Konferensi Komputer ( Computer Conferencing )
Penggunaan jaringan computer yang memungkinkan para anggota dengan karakteristik bersama bertukar informasi mengenai suatu topic tertentu. Konferensi computer adalah bentu e-mail yang lebih disiplin.
h.      Transmisi Faximile / FAX ( Faximile Transmision )
Penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca dokumen pada salah satu saluran komunakasi dan membuat salinannya di saluran yang satunya.
i.         Video Text
Penggunaan computer untuk menampillkan pada layar CRT materi narasi dan grafik yang tersimpan
j.        Pencitraan ( Image Storage dan Retrieval )
Penggunaan pengenal karakter secara optic untuk mengubah catatan-catatan kertas atau microform menjadi format digital untuk disimpan di dalam alat penyimpanan sekunder.
k.       Dekstop Publishing
Penggunaan computer untuk menyiapkan output tercetak yang kualitasnya sangat mirip dengan yang dihasilkan oleh typesetter.

Thanks for reading: OA ( Office Automation )

0 comments:



Post a Comment