BPMN ( Bussines Processing Modelling Notation )


·         Pengertian BPMN ( Bussines Processing Modelling Notation )
BPMN adalah Representasi grafis untuk menentukan proses bisnis dalam suatu pemodelan proses Bisnis

·         Tujuan BPMN ( Bussines Processing Modelling Notation )
Tujuan utama dari BPMN adalah menyediakan suatu notasi standar yang mudah dipahami oleh semua pemangku kepentingan bisnis. Dari analisis bisnis  yang menciptakan draft permulaan dari proses-proses sampai dengan pengembang-pengembang teknis yang bertanggung jawab untuk mengimplementasikan teknologi yang membantu pelaksanaan proses.

·         Kategori Elemen-elemen BPMN
Terdapat 4 kategori dari elemen-elemen dalam BPMN, yaitu:

1.                   Flow Objects
a.                   Events, sebuah event direpresentasikan dengan lingkaran. Events dapat berupa Start, Intermediate, atau End.


b.                  Activities, sebuah aktivitas direpresentasikan dengan persegi dengan sudut melingkar dan memperlihatkan pekerjaan yang harus dilakukan.


c.                   Gateways, sebuah gateway direpresentasikan dengan belah ketupat dan memperlihatkan pilihan yang berbeda. Gateway juga menjelaskan mengenai percabangan dan penggabungan dari path yang ada.


2.                   Connecting Objects
a.                   Sequence Flow, sequence flow direpresentasikan dengan garis lurus dengan panah tertutup dan menjelaskan mengenai urutan aktivitas yang akan dijalankan.
 b.                  Message Flow, message flow direpresentasikan dengan garis putus-putus dan panah terbuka. Message flow menjelaskan pertukaran pesan yang sedang terjadi.
c.                   Association, association direpresentasikan dengan garis putus-putus. Association digunakan untuk mengasosiasikan sebah artifak, data, maupun flow object.
3.                   Swimlanes
a.                   Pool, pool direpresentasikan dengan persegi besar yang didalamnya dapat berisi flow objects, connecting object, maupun artifak.
b.                  Lane, lane merupakan bagian lebih mendetail dari pool.
4.                   Artifacts
a.                   Data Objects, data object digunakan untuk menjelaskan mengenai data yang dibutuhkan atau dihasilkan dari sebuah aktivitas.
b.                  Group, group direpresentasikan dalam persegi dengan sudut melingkar dan garis luar putus-putus. Group untuk melakukan grouping aktivitas.
c.                   Annotation, annotation digunakan untuk menjelaskan model atau diagram.
Business Process dapat digambarkan dalam BPMN secara mudah. Sebagai contoh dapat dilihat pada gambar business process sederhana sebagai berikut:


Thanks for reading: BPMN ( Bussines Processing Modelling Notation )

1 comments:



Anonymous said...

Tolong sertakan sumber ya mba :)

Post a Comment