Fitur JAVA

Fitur-fitur yang dimiliki Java antara lain :

-Java Virtual Machine (JVM)
Adalah sebuah mesin imajiner (maya) yang system kerjanya menyerupai pada mesin yang nyata. JVM ini menyediakan spesifikasi hardware dan platform dimana kompilasi kode java terjadi, Dan inilah yang mengakibatkan aplikasi berbasis java bebas dari platform manapun.
-Garbage Collection
Program yang dibuat berbasis java tidak perlu lagi menghapus objek-objek yang sudah tidak dipakai lagai, sehingga  akan mempermudah programmernya. Sebagai contoh jika programmer memakai aplikasi lain pada saat pemrograman mengalokasikan memori dan setelah selesai lupa menghapus memori tersebut maka akan boros memori, sehingga dengan java hal tersebut tidak akan terjadi.
-Code Security
Code Security terimplementasi pada java melalui Java Runtime Environment (JRE).
Pengamanan Java menggunakan 3 lapis untuk melindungi sistem yaitu :
1. Class Loader. Proses ini menyediakan pengamanan dengan memisahkan kelas-kelas yang berasal dari local disk dengan kelas-kelas yang ada di jaringan. Hal ini membatasi aplikasi Trojan karena kelas-kelas yang berasal dari local disk dimuat dahulu. Kode program disimpan dalam berkas berekstensi .java
2.Bytecode Verifier. yaitu membaca bytecode sebelum program dijalankan dan menjamin bytecode memenuhi aturan-aturan dasar java. Hasil kompilasi berkas bytecode dengan ekstensi .class. Berkas yang mengandung bytecode akan dikonversikan oleh Java Interpreter menjadi bahasa mesin sesuai platform.
3.Manajemen keamanan. Menangani keamanan tingkat aplikasi dengan mengendalikan apakah program berhak mengakses sumber daya seperti sistem file, port jaringan dll.

Setelah seluruh proses tersebut terpenuhi, barulah kode program dieksekusi

Thanks for reading: Fitur JAVA

0 comments:



Post a Comment